Kritisi Pengangkatan Dirut PDAM, Ketua Komisi I: Itu Fungsi Kontrol

0
180
Ketua Komisi I DPRD, Ani Rukmini

BERITA BEKASI – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi dua warna dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) lakukan audensi dengan Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Audensi itu, menyusul adanya stetmen Ketua Komisi I DPRD, Ani Rukmini yang dinilai membuat gaduh pengangkatan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Usep Rahman Salim kepada awak media beberapa waktu lalu.

“Intinya dia keberatan dengan pernyataan saya di media, tapi ketika ditanya oleh pak wakil pernyataan yang mana?, kalau saya statmen itu kewajiban saya menyampaikan informasi adalah dalam rangka tanggung jawab publik dan transparansi publik sekarang ini,” tegas Ani kepada Beritaekspres.com, Jumat (18/9/2020) kemarin.

Dia juga sangat mengapresiasi aksi Mahasiswa tersebut, karena sebagai tanggung jawab mahasiswa dalam menjalankan, Tri Dharma perguruan tinggi.

“Saya di demo-demo mahasiswa itukan wujud tanggung jawab mahasiswa sebagai Tridharma Perguruan Tinggi. Mahasiswa harus membela, peka dan peduli. Mahasiswa juga harus paham dalam pergerakan dan mereka harus punya pemahaman yang utuh,” katanya.

Ditambahkan Ani, pengangkatan Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi kembali sesuai Peraturan Daerah (Perda) dan dilakukan Kepala Daerah selaku Keterwakilan Pemilik Modal (KPM).

“Pengangkatan Direktur Utama PDAM berbentuk Surat Keputusan atau SK dan sifatnya bisa dievaluasi serta ada kontrak kinerja. Misalnya selama kontrak kinerja itu apa aja yang harus diselesaikan Direktur Utama PDAM,” pungkasnya. (Mul)