Pencurian Kain Kafan Gergerkan Warga Dusun Sumberaji Jombang

0
96
Lokasi Kuburan Dibongkar

BERITA JOMBANG – Sebuah makam di Dusun Sumberaji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang Provinsi, Jawa Timur, geger setelah diketahui terbongkar dan kain kafannya hilang, Minggu (20/9/2020) sore.

Menurut Kapolsek Ngoro, AKP Yanuar Tri Ratna Sanjaya, kejadian diketahui saat pelapor Moh. Khotib (30) warga Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben Ngoro, melaporkan kalau ada kuburan yang terbongkar dan berantakan.

Makam perempuan muda yang meninggal pada hari Sabtu tanggal 19 September 2020 sekitar pukul 16.00 WIB terbongkar dan kain kafan jasad perempuan bernama Anis hilang.

Saksi Suparno dalam keterangan ke petugas mengatakan, kalau kuburan Anis telah terbongkar atau digali dan tidak diketahui siapa yang melakukannya. Setelah dicek, dari 3 potong kain kafan, 1 diantaranya hilang.

Selanjutnya, dari keluarga yang meninggal bersama 3 Pilar setempat menyatakan, tidak mempermasalahkan dan minta untuk dikubur kembali.

Diduga kain kafan tersebut sengaja dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk kepentingan pribadi. Pelaku sengaja menggali dan mengambil kain putih itu.

“Kini kasusnya masih dalam penyelidikan dan barang bukti berupa piring yang terbuat dari seng untuk menggali kita amankan. Pasal yang diterapkan 180 KUHP, barang siapa dengan sengaja dan dengan melawan hak mengeluarkan mayat dari kuburan atau mengambil, memindahkan atau mengangkat mayat yang dikeluarkan diancam 1 tahun 4 bulan penjara,” pungkas Kapolsek Ngoro.