Polres Metro Bekasi Kota Gelar Razia Gabungan Operasi Zebra 2020

0
368
Operasi Razia

BERITA BEKASI – Dalam rangka Operasi Zebra Jaya 2020 yang digelar secara serentak diseluruh Indonesia. Namun, kali ini operasi tersebut dilakukan dengan cara berbeda mengingat masih dalam masa pandemik Covid-19. Seperti yang terlihat di wilayah hukum Polres Metro Bekasi Kota, Senin (26/10/2020).

Operasi Razia yang dipimpin Wakasat Lantas Polrestro Bekasi Kota, Kompol Isvanriyanto, petugas dari tiga pilar melakukan sosialisasi terutama dengan 3M. Berbagai tulisan dan atribut sosialisasi dilakukan Satlantas Polres Metro Bekasi Kota.

Kepada awak media, Wakasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Isvanriyanto mengatakan, dari pertama Operasi Zebra 2020 yang pertama kita melakukan edukasi atau pembelajaran kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa memahami dan tertib lalulintas.

“Disamping itu, kita juga menghimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan dimassa pandemi wabah virus Corona atau Covid-19,” ujarnya.

Diketahui, Operasi Zebra 2020 dilaksanakan mulai tanggal 26 Oktober hingga 8 November 202. Ada 3 sasaran operasi yang diutamakan yaitu melawan arus, tidak memakai kelengkapan berkendara serta pemakaian Strobo tidak pada fungsinya.

Berbagai alat peraga digunakan diantaranya dengan memakai boneka untuk mendapat perhatian masyarakat.

“Keberadaan boneka dan berbagai alat peraga ialah untuk menangkap respon masyarakat, sehingga pesan edukasi tersampaikan dengan cepat,” katanya.

Tampak hadir, beberapa perwira Satlantas Polrestro Bekasi Kota diantaranya, Kanit Laka Satlantas Polrestro Bekasi Kota, AKP Farida, Kanit Dikyasa AKP Indira, Kanit Turjawali AKP Ganda Siburian serta AKP Ayu.

Selain itu, unsur Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Satpol PP, Kodim 0507 Bekasi serta Subdenpom Jaya 2-1 Kota Bekasi juga ikut dalam operasi itu.

Kegiatan Operasi Zebra 2020 diawali dengan apel dan sosialisasi Protokol Kesehatan dan keselamatan berkendara di depan Pintu Tol Bekasi Barat.

Setelah itu, dilanjutkan dengan menggelar operasi di Jalan Jend. Ahmad Yani, persis di depan Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi.

“Kita bagikan brosur keselamatan berkendara kepada para pengendara yang melintas dan sosialisasi Protokol Kesehatan,” pungkasnya.

Selain itu, salah satu pengendara bernama Vitrya Frianthy yang bekerja di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang kebetulan melintas diberikan brosur oleh petugas Satlantas Polres Metro Bekasi Kota.

“Kita sangat mengapresiasi dalam razia gabungan ini, agar masyarakat apabila berpergian harus melengkapi surat- surat kendaraan dan juga masih di masa pandemi tetap menjaga Protokol Kesehatan,” ungkapnya.

Petugas tidak banyak menindak para pengendara yang melintas, namun gencar melakukan sosialisasi kepada pengendara yang melintas.

Ada 3 titik operasi di hari pertama yaitu Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Jalan Ir. Juanda, Bekasi Timur dan Jalan Sersan Aswane. (Edo)