Peringati World Tree Day, Wisata Kawung Tilu Tanam 150 Mahoni

0
222
Tanam 150 Pohon Mahoni

BERITA BEKASI – Tempat Wisata Adventure Kawung Tilu Bojong Rangkas menggelar kegiatan menanam di Bantaran Irigasi yang berlokasi di Kampung Buniherang, Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, untuk memperingati Hari Pohon Sedunia (World Tree Day) pada 21 November, Rabu (25/11/2020).

Dengan menggandeng Sektor 20 Citarum Harum, LSM Sekoci, LSM SNIPER INDONESIA, Pemerintah Desa dan Karang Taruna Desa Cipayung turun bersama-sama menanam jenis pohon mahoni sebanyak 150 pohon dengan jarak tanam 5 meter antar pohon ke pohon sepanjang 500 meter.

Kepada Beritaekspres.com, Gunawan selaku pemilik Wisata Kawung Tilu Bojong Rangkas mengatakan, kegiatan penanaman yang dilakukannya ini untuk menjaga kelestarian lingkungan agar masyarakat bisa hidup lebih sejahtera, karena pohon merupakan sumber kehidupan.

Wisata Kawung Tilu, kata Gunawan, akan selalu menjaga komitmen untuk mendukung program-program pelestarian lingkungan seperti yang saat ini dilakukan bersama. Melakukan penghijauan dengan menanam pohon merupakan langkah kecil yang berpengaruh besar bagi keberlangsungan dan kelestarian bumi.

“Pohon sebagai karunia Tuhan yang dianugerahkan kepada kita sebagai kekayaan alam yang tak ternilai harganya dan wajib disyukuri. Karunia yang diberikan ini merupakan amanah. Oleh karenanya, pohon harus diurus dan dimanfaatkan dengan akhlak mulia dalam rangka beribadah, sebagai perwujudan rasa syukur kita kepada Tuhan,” ungkap Gunawan.

Dikatakan Gunawan, pohon mempunyai peranan sebagai penyerasi dan penyeimbang lingkungan global, baik manfaat ekologi, sosial budaya maupun ekonomi, secara seimbang dan dinamis. Untuk itu pohon harus diurus dan dikelola, dilindungi dan dimanfaatkan secara berkesinambungan bagi kesejahteraan, baik generasi sekarang maupun yang akan datang.

“Dalam kedudukannya, pohon sebagai salah satu penentu sistem penyangga kehidupan, pohon telah memberikan manfaat yang besar bagi umat manusia, oleh karena itu harus kita jaga bersama-sama kelestariannya,” ulas Gunawan.

Gunawan mengapresiasi Sektor 20 Citarum Harum, LSM Sekoci, LSM SNIPER INDONESIA, Pemerintah Desa dan Karang Taruna Desa Cipayung yang sudah turut serta peduli turun melakukan penanaman sebanyak 150 pohon mahoni dalam rangka memperingati ‘World Tree Day’ yang jatuh setiap 21 November. (Mul)