Polsek Kebayoran Lama Comot Dua Pelaku Penipuan 6 Unit Sepeda Motor

0
160
Polsek Metro Kebayoran Lama

BERITA JAKARTA – Jajaran Unit Reskrim Polsek Metro Kebayoran Lama Jakarta Selatan dipimpin langsung Kanit Serse, Iptu Sudarto penangkapan dua pelaku pencurian spesialis sepeda motor. Mereka berinisial SR alias Y yang berperan sebagai eksekutor dan S sebagai penadah.

Kepada Beritaekspres.com, Kapolsek Kebayoran Lama, Kompol Indra Ranudikarta didampingi Kanitserse Iptu Sudarto mengatakan, SR telah melakukan aksinya sebanyak 11 kali pencurian sepeda motor selama setahun terakhir. Dari 11 kali beraksi, 10 kali dia menggasak sepeda motor di Kawasan Jakarta Selatan.

“Pelaku sudah 11 kali beraksi, 10 diantaranya dilakukan di Kawasan Jakarta Selatan. 7 kali di Kawasan Kebayoran Lama, 3 di Kawsan Tebet dan sekali di daerah Tangerang,” ungkap Indra di Mapolsek Kebayoran Lama, Jumat (8/1/2021).

Dalam melakukan aksinya, kata Indra, pelaku berpura-pura menawarkan pekerjaan sebagai supir pribadi, dengan iming-iming gaji yang besar. Pelaku biasanya menyasar ke tukang ojek online yang ingin beralih profesi.

Bilamana korban setuju, pelaku biasanya berjanji akan menemui korban pada keesokan harinya ditempat yang diklaimnya sebagai lokasi kerja. Usai korban berada di lokasi, pelaku kemudian berpura-pura meminjam sepeda motor korban.

“Pelaku pura-pura beli rokok atau foto copy lalu meminjam motor korban. Saat motor diserahkan lalu pelaku tidak kembali lagi, motor dibawa kabur,” ujar Indra

Pelaku, lanjut Indra, dapat ditangkap di daerah Karawang, Jawa Barat. Sepeda motor hasil curian juga dijual disana dengan harga kisaran sebesar Rp3 juta untuk setiap unitnya. Dari tangan pelaku,polisi berhasil menyita 6 unit sepeda motor hasil kejahatan.

“Akibat perbuatannya, tersangka para pelaku dijerat dengan Pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” pungkasnya. (Yon)