Cerita Nenek Ais: Dandang Saya Pernah Hilang Ditempat Cakades

0
192
Tukang Masak Nenek Ais

BERITA BEKASI – Ais (65) wanita renta asal Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, hampir 30 tahun jadi juru masak di berbagai tempat.

Diceritakan Ais, hampir 30 tahun jadi tukang masak panggilan modalnya hanya seperangkat alat memasak mulai dari kuali, dandang dan kukusan nasi.

“Seperangkat alat memasak ini, selalu saya bawa ke mana-mana, kalau ada orang menggunakan jasa saya untuk acara pesta perkawinan atau acara lainnya,” kata Ais ketika berbincang dengan Beritaekspres.com, Minggu (10/1/2021).

Dengan dibantu 5 temanya, Ais biasa ditarif jasa masak hajatan Rp3.000.000, dua hari dua malam. Kalo acara pernikahan misalnya, sebelum akad nikah sampai pukul 21.00 WIB malam.

“Uang segitu, saya bagi- bagi 6 orang berikut saya, 2 orang tukang cuci piring, 2 orang tukang masak sayur, 2 orang tukang masak nasi dan saya jadi tukang masak nasi,” bebernya.

Diungkapkan Ais, waktu itu, dirinya pernah memasak di tempat salah satu Calon Kepala Desa (Cakades) di Desanya dan alat masaknya ‘Dandang’ hilang, tapi langsung diganti barang-barangnya tersebut oleh keluaraganya.

“Saya lupa, setelah selesai masak dandang ketinggalan. Saya balik lagi, dandang sudah ngak ada ya mungkin kebawa sama tukang masak lainya. Waktu itu, memang banyak orang, tapi sudah langsung diganti,” pungkasnya. (Usan)