LSP, Kapolri Pilihan Jokowi, Silaen: Semoga Tak Kecewakan Rakyat Indonesia

0
239
Keterangan Foto: Presiden RI Ir. Joko Widodo, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo (SLP) dan Samuel F Silaen

BERITA JAKARTA – Meskipun belum dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) calon Kapolri baru pilihan Jokowi jatuh kepada, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo (LSP) yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Mabes Polri yang namanya bakal diajukan Presiden Jokowi ke DPR RI dan akan segera dilakukan fit and proper test.

Kepada Beritaekspres.com, pengamat politik Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (Laksamana), Samuel F. Silaen mengucapkan, selamat buat Kapolri baru pilihan Jokowi, dugaan publik hampir tak meleset, karena beberapa analisa dan faktor yang mendasar kenapa Jokowi harus memilih LSP jadi Kapolri yang tak dapat dipungkiri adalah faktor kedekatan (chemistry) dan dapat bekerjasama, karena LSP mantan ajudan Presiden Jokowi.

“Bicara chemistry emang tak terjadi satu malam, minggu, bulan tapi proses tahunan yang dimulai dari LSP Kapolres Solo. Jadi faktor inilah penentu LSP dipilih oleh Presiden Jokowi. Lebih dari itu, LSP juga sosok Polri yang mumpuni secara jenjang kepangkatan, yakni profesional dan berintegritas tinggi,” kata alumni Lemhanas Pemuda tahun 2009 ini, Rabu (13/1/2021).

Prediksi Silaen, pilihan Jokowi tentu saja tidak mulus atau lempeng begitu saja, dalam memilih dan menentukan LSP menjadi Kapolri, pengamatan saya, ada tekanan psikologis terkait soal keyakinan LSP dan ada juga titipan calon yang disorongkan ke Jokowi. Tapi Jokowi tidak mau kompromi soal pilihan hatinya yang memiliki ciri khas tersendiri. Artinya, Jokowi tak mau didikte.

Beruntung, tambah Silaen, LSP yang sempat jadi ajudannya. Jadi tak perlu butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan cara kerja atau apa yang dibutuhan Presiden didalam menjalankan tupoksinya sebagai Kapolri, atas nama kepentingan negara, untuk menjaga keamanan, ketertiban umum dan penegakan hukum yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Saya melihat, Presiden Jokowi tak pernah mundur atau tergoda dengan bujukan orang lain, jika dia sudah yakin dan percaya maka apapun kata orang lain tak dia hiraukan, tak pedulikan, tetap kekeuh pada pendiriannya. Semoga LSP tak mengecewakan Presiden Jokowi didalam menjalankan tugasnya sebagai Kapolri baru harus sungguh-sungguh. Selamat bertugas,” pungkas Silaen. (Indra)