Jelang Ramadhan, TPU Telaga Asih Bekasi Ramai Dikunjungi Penziarah

0
133
Lokasi TPU Telaga Asih Cikarang Barat

BERITA BEKASI – Sudah menjadi tradisi setiap menjelang bulan Ramadhan ataupun lebaran, sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mulai ramai dikunjungi masyarakat para peziarah dibandingkan bulan biasanya.

Di TPU Huni, Telaga Asih, Kecamatan Cikarang Barat, misalnya, semenjak kemarin TPU Huni tersebut, sudah mulai banyak dikunjungi para peziarah yang datang untuk mendoakan sanak keluarganya yang telah tiada.

“Ziarah kubur ini sudah menjadi tradisi menjelang puasa. Selain itu, sudah menjadi rutinitas dan sudah membudaya,” kata Hendra salah seorang peziarah kepada Beritaekspres.com, Jumat (2/4/2021).

Dia mengaku, mendekati bulan Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha selalu datang ke makam untuk mendo’akan serta membersihkan pemakaman kerabat dan sanak saudaranya.

“Ini makam orang tua saya, sekarang ini kita cuma bisa mendo’akan almarhum,” tandas Hendara sambil membersihkan makam.

Sementara, petugas Pemakaman Umum Huni, Mo’ol mengungkapkan, mendekati bulan puasa dan hari- hari tertentu biasanya makam Huni ini banyak dikunjungi penziarah untuk mendoakan leluhurnya.

“Mendekati bulan puasa Ramadhan, setelah Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha dan makam ini ngak pernah sepi dari peziarah kubur. Namun, ada juga yang rutin berziarah di hari Jumat,” tuturnya.

Dihari – hari seperti sekarang ini, Mo’ol bersyukur, selain dari gajih diterima selama ini, pendapatan untuk keluarganya bertamba dari hasil Pemakaman Umum Huni, Telaga Asih, Kabupaten Bekasi.

Mendekati bulan puasa saat ini, tambah Mo’ol pendaptan per hari dari membeesihkan makam dan jaga motor serta diberi uang terimakasih dari peziarah makam, Rp500ribu terkadang bisa lebih.

“Sedangkan gajih yang diterima dari Kelurahan Telaga Asih, Rp500ribu per bulan dan Rp200ribu per bulan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi,” pungkasnya. (Usan)