DPP GWI Gelar Rakor dan Peresmian Kantor Sekretariat Baru

0
148
Ketum DPP GWI, Morris Taosisi Giawa, Ketua Investigasi, Agus Budiono dan Ketua DPD GWI DKI Solihin

BERITA JAKARTA – DPP Gabungnya Wartawan Indonesia (GWI), mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang berlangsung di Kantor Sekretariatnya di Jalan Jend. Pol Soekanto, Komplek Ruko Buaran Persada No.12, Jakarta Timur 13440, Sabtu (22/5/2021) kemarin.

Hadir dalam Rakor tersebut, Ketua Umum GWI, Morris Taosisi Giawa. H. SE, Pjs Sekjen DPP GWI, Sukarman, Ketua DPD DKI, Solihin, Ketua Invetigasi DPP GWI, Agus Budiono, SH serta jajaran pengurus wilayah dan Anggota GWI.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum DPP GWI, Morris Taosisi Giawa. H. SE mengatakan, GWI merupakan salah satu wadah Organisasi Pers dimana didalamnya tergabung media dan wartawan sebagai anggota sesuai amanat UU Pers No. 40 Tahun 1999, dimana wartawan diwajibkan memilik Organisasi Pers.

“Dalam UU Pers No. 40 Tahun 1999 disana diwajibkan wartawan harus memiliki Organisasi. Ya, salah satunya GWI sebagai salah satu Organisasi Pers,” terangnya.

Sebagai wadah atau Organisasi Pers, tentunya GWI memiliki tanggungjawab untuk ikut serta menjaga marwah Per itu sendiri. Terlebih lagi, dijaman dimana perkembangan media massa sudah sangat luar biasa yang memang perlu control dan diawasi, sehingga marwah Pers tetap terjaga.

“Perkembangan Pers saat ini luar biasa. Sebelumnya, dominan media cetak, tapi sekarang yang lebih dominan adalah media digital atau elektronik. Penulis pun sekarang macam-macam ada lagi istilah social media journalism dan sebagainya,” jelas Morris.

Sehingga, sambung Morris, masyarakat umum pun di media sosial sudah bisa menjadi seperti jurnalis. Jurnalisme media sosial muncul, karena khalayak sering mengakses media sosial. Perkembangan jaman, semakin menuntut jurnalis untuk selalu bekerja professional, jika tidak maka akan selalu menuai banyak persoalan.

“Disinilah peran GWI sebagai Organisasi atau wadah profesi wartawan agar tetap bisa menjaga prilaku dan marwah Pers situ sendiri, sehingga masyarakat tetap mendapatkan berita atau kabar yang akurat mendidik dan mengedukasi. Salam GWI,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Investigasi DPP GWI, Agus Budiono menambahkan, GWI akan terus mengembangkan sayap disetiap wilayah yang ada di Indonesia sebagai wadah atau Organisasi bagi jurnalis atau Pers yang sudah terdaftar secara resmi di Dewan Pers.

“Saat ini GWI sudah mulai ada yang ingin bergabung diwilayah Riau, Makassar, Kalimantan Selatan dan Jawa Tengah. Dalam waktu dekat, DPD GWI akan hadir diwilayah Kebumen Jateng dan wilayah lain pun akan menyusul,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Sekjen DPP GWI, Sukarman berpesan, kepada seluruh Anggota GWI selalu intern menjalin komunikasi dan koordinasi kepada DPP GWI agar setiap kegiatan yang dilakukan anggota GWI dapat dimonitor Pengurus Pusat DPP.

“Saya ingin rekan-rekan dari GWI agar setiap kegiatan terkait kegiatan dilapangan agar selalu berkomunikasi dengan DPP GWI, baik Sekjen atau pun Ketua Investigasi, karena kita tidak ingin rekan-rekan mendapatkan masalah dilapangan, terutama masalah hukum maupun masalah lainnya yang menyangkut tugas dan profesi,” pungkasnya. (Indra)