Soal Papan Informasi, Janji Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat “PHP”

0
579
Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat

BERITA JAKARTA – Komitmen Ketua Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Muhammad Damis, terkait pengadaan papan informasi yang berisi jadwal persidangan pidana hingga kini belum juga terealisasi.

Keberadaan papan tersebut, sangatlah penting bagi masyarakat pencari keadilan sebagai informasi dan merupakan bagian dari pelayanan masyarakat yang datang ke Gedung PN Jakarta Pusat.

Sebelumnya, M. Damis pernah berjanji dihadapan para awak media saat dirinya bersama jajarannya melakukan monitoring dilingkungan Peradilan yang letaknya tak jauh dari Gedung Mahkamah Agung (MA) RI.

“Segera kami akan menempatkan sebuah media informasi yang berisi jadwal persidangan. Dan yang akan mengisi agenda sidang adalah para Panitera,” kata Damis kepada Beritaeksprescom saat ditemui di Gedung PN Jakpus, Kamis (29/4/2021) lalu.

Menanggapi hal itu, Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Dr. Abdul Fickar Hadjar menilai keberadaan informasi jadwal persidangan merupakan pelaksanaan prinsip keterbukaan atau transparansi, dari kekuasaan kehakiman selain setiap persidangan dinyatakan terbuka untuk umum.

“Kecuali perkara pidana tertentu yang menyangkut anak-anak dan perkara kesusilaan. Dan juga termasuk penjadwalan setiap sidang, sehingga asas terbuka itu dijalankan dengan benar,” kata Fickar biasa disapa, Minggu (20/6/2021) siang.

Dikatakan Fickar, jika keterbukaan dalam persidangan, sepenuhnya merupakan tanggung jawab Majelis Pimpinan Sidang Perkara, namun untuk penjadwalan sidang menjadi tanggung jawab Pimpinan dalam hal ini, Ketua Pengadilan.

“Ketua Pengadilan yang bisa mendelegasikannya pada Pimpinan Administratif Pengadilan cq Kepala Panitera Perkara di Pengadilan. Jadi jika ini tidak atau belum dilakukan bisa menjadi faktor penilaian yang buruk bagi penyelenggaraan administrasi Peradilan,” pungkasnya. (Sofyan)