Tarik Motor, Debt Collector Babak Belur Dihajar Massa di Jakarta Barat   

0
276
Pelaku MN Debt Collector yang dihajar massa

BERITA JAKARTA – Seorang debt collector atau penagih utang dihajar massa di Jalan Arteri Kelapa Dua RT01/RW03, Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (6/9/2021).

Warga merasa kesal lantaran penagih utang itu merampas motor milik salah satu driver ojek online (ojol) yang sedang bekerja.

Kapolsek Kebon Jeruk Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Robinson Manurung, membenarkan adanya kejadian itu.

“Itu mata elang (penagih utang) nyetop korban (ojol) katanya belum bayar kreditnya,” tutur Manurung dikonfirmasi wartawan, Selasa (7/9/2021).

Lebih lanjut, Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk, AKP Pradipta menjelaskan, saat itu korban berinisial RSC (20) sedang melintas di Jalan Raya Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Tiba tiba, dua orang pelaku yang mengaku dari leasing yang mengatakan kepada korban bahwa sepeda motornya menunggak cicilan dan meminta korban ikut ke kantor Leasing di Kedoya.

“Namun karena ada barang yang harus diantar ke konsumen, sehingga korban meminta pelaku untuk diantarkan terlebih dahulu,” katanya.

Selanjutnya, saat pelaku berinisial ADI yang belakangan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) mengambil alih sepeda motor korban dan meminta korban duduk dibelakang.

Korban kemudian bersama-sama mengantarkan barang ke daerah Pinang Pondok Indah dan daerah Tawakal Grogol Petamburan, Jakarta barat. Pelaku MM mengikuti dari belakang.

“Setelah mengantarkan barang, pelaku ADI membawa korban ke daerah Kebon Jeruk dan saat di TKP pelaku berhenti meminta korban turun membeli materai di Alfamidi lalu kedua pelaku kabur,” jelasnya.

Pradipta menuturkan, saat korban mengetahui sepeda motornya dibawa kabur, korban berteriak “maling” dan spontan saksi yang saat itu sedang melintas dibantu warga berhasil mengamankan pelaku MN.

“Kemudian polisi mendatangi TKP dan mengamankan pelaku MN dan dibawa ke Polsek Kebon Jeruk untuk proses lebih lanjut. Untuk ADI berhasil kabur,” ungkapnya.

Aksi tersebut terekam video yang diunggah di media sosial instagram @updateinfojakarta. Dalam video berdurasi 60 detik itu, memperlihatkan aksi rebut paksa motor yang menegangkan sampai korban terseret-seret dijalanan.

“Lantas, warga yang berada di lokasi bergegas membantu korban dan mencoba memberhentikan sepeda motor yang telah dibawa kabur,” pungkasnya. (Usan)