Ketua MPC PP Kota Bekasi Selalu Luangkan Waktu Hobby Berburu

0
91
Ketua MPC PP Kota Bekasi: Aries Budiman

BERITA BEKASI – Sebagai Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Bekasi, Aries Budiman selalu disibukan dengan berbagai kegiatan baik keluarga, bisnis, usaha dan keormasan. Namun, ada kegiatan lain yang ditekuni pria kelahiran Padang 2 April 1957 yakni berburu babi hutan yang tergabung dalam Persatuan Olahaga Berburu Babi (Porbi) Jawa Barat.

Kepada Beritaekspres.com, suami dari Zaimar ayah dari 4 anak itu mengatakan, sebagai penghobby berburu sejak duduk dibangku sekolah dasar harus tahu betul hewan-hewan apa saja yang boleh diburu atau yang tidak boleh diburu. Sebab, tidak semua hewan harus jadi buruan bagi para penghobby berburu.

“Hewan yang kerap diburu ialah babi hutan. Di wilayah-wilayah luar Jawa, babi hutan merupakan hama bagi perkebunan warga. Hampir setiap hari minggu saya pergi berburu,” kata Aries saat berbincang ringan di Sekretariat MPC PP Kota Bekasi, Selasa (14/9/2021).

Dikatakan Aries, hewan jenis babi hutan sendiri memang diperbolehkan untuk diburu, karena termasuk salah satu hewan jenis hama seperti tikus yang cepat berkembang biak atau populasinya, sehingga harus dikendalikan jumlahnya dan memang babi hutan masuk dalam peraturan berburu.

“Babi hutan itu masuk dalam aturan berburu, karena memang populasinya atau berkembang biaknya cepat dan merusak perkebunan atau ladang para petani, sehingga hewan tersebut masuk dalam buruan kita,” ungkap pria berusia 65 tahun yang sudah dikaruniai 10 orang cucu ini.

Sekurangnya ada 8 anjing buruan yang dimilikinya dengan berbagai macam jenis diantaranya telir, herder, kampung, silangan yang dirawat secara khusus baik kesehatan, kebersihan dan makannya mulai dari pagi hari hingga sore hari rutin agar kondisi anjing buruannya tetap prima.

“Setiap hari kesehatan dan kondisi makannya selalu kita jaga dan diperhatikan. Anjing-anjing ini sudah terseplin dia tidak buang kotoran atau kencing dikandang, tapi diluar kandang dengan jadwal tertentu setiap harinya,” jelas Aries.

Menurut Aries, Sumatera Barat sendiri memiliki kebudayaan dan tradisi yang beragam salah satunya adalah berburu babi hutan. Tradisi turun temurun yang sudah ada sejak dulu di Minangkabau ini hingga kini masih diminati oleh lintas usia dan generasi.

“Di Nagari Tanjung Bingkung Kabupaten Solok kegiatan alek nagari buru babi sudah rutin dilaksanakan masyarakat. Berburu babi ini diagendakan satu kali dalam kurun waktu enam bulan, hal tersebut mengikuti pasca panen padi para petani,” tuturnya.

Berburu babi selain sebagai hobi, berburu babi juga dianggap sebagai media untuk berolah raga dan ajang untuk mempererat silahturahmi sesama pemburu babi dari berbagai daerah. Selain itu, berburu babi juga untuk membantu para petani dari hama babi yang mengganggu petani terhadap tanaman pertanian.

“Berburu ini di ikuti oleh orang-orang dari berbagai penjuru daerah, adapun peralatan berburu babi ini seperti golok, tombak dan menggunakan hewan peliharaan jenis anjing. Kalo disini saya berburu, di wilayah Gunung Putri, Jonggol, Cariu, Karawang Barat dan Karawang Timur hingga Lampung,” pungkasnya.

Sekedar mengetahui, Aries Budiman adalah Ketua MPC Ormas PP Kota Bekasi 3 Periode yang menginjak Jakarta sejak tahun 1969 di daerah Tebet, Jakarta Timur dan masuk ke Bekasi tahun 1980. Kiprahmya menjadi pimpinan sebagai Ketua MPC Ormas PP Kota Bekasi sejak tahun 2012 hingga sekarang. (Indra)