DPP Golkar agar rekomendasikan Yansen Tinal sebagai Wagub Papua

0
86
Fernando A. Yansen Tinal, BA (Foto: Istimewa)

BERITA JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartato diminta untuk merekomendasikan Fernando A Yansen Tinal BA sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Papua menggantikan posisi almarhum Klemen Tinal SE, Wagub Papua periode 2018-2023 yang meninggal dunia beberapa bulan lalu.

Siaran pers keluarga besar almarhum Klemen Tinal yang diterima di Jakarta, Selasa 16 November 2021 menyebutkan, keluarga besar almarhum menilai bahwa Fernando A Yansen Tinal adalah kader Partai Golkar di Provinsi Papua yang sudah memenuhi syarat dan siap menjadi Wagub dalam sisa masa jabatan yang ditinggalkan almarhum Klemen Tinal.

Pernyataan sikap yang ditujukan kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar itu dikemukakan oleh Tokoh Masyarakat Agus Kora SE, Tokoh Perempuan Pipina Wonda, Tokoh Intelektual Fery Tinal SIP, Kepala Suku Lapago Yunis Labene SIP, Kepala Suku Mee Pago Yopi Murib, dan Berth Murib yang mewakili orangtua almarhum.

Fernando A Yansen Tinal sendiri saat ini mendapat amanah sebagai Ketua Harian DPD I Partai Golkar Provinsi Papua, Ketua Fraksi Partai Golkar Dewan Perwakilan Rakyat Papua dan Ketua Komisi I bidang Pemerintahan Umum Dewan Perwakilan Rakyat Papua.

Selain itu, Fernando adalah adik kandung almarhum Klemen Tinal yang merupakan Ketua Umum Partai Golkar Papua.

Disebutkan pula, keluarga besar almarhum Klemen Tinal meminta kepada DPP Partai Golkar untuk segera membatalkan rekomendasi DPP Partai Golkar yang mengusulkan calon Wagub Papua atas nama Paulus Waterpauw dan John Tabo.

Alasannya, Paulus Waterpauw telah dilantik menjadi Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan Jhon Tabo telah dilantik sebagai Bupati Memberamo Raya.

Selain itu, sesuai komitmen awal Koalisi Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Lukmen) Jilid I dan Jilid II, Partai Golkar tetap mengedepankan komitmen sebagai partai pendukung dan mendukung almarhum Klemen Tinal sebagai Wagub Papua, sehingga sisa masa jabatan yang ditinggalkannya sudah sepantasnya dilanjutkan oleh kader Golkar Fernando A Yansen Tinal.

Peryataan sikap keluarga besar almarhum Klemen Tinal itu juga sudah diserahkan secara langsung kepada Gubernur Papua melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Otonomi Khusus Provinsi Papua Hosea Murib untuk disampaikan kepada Gubernur Papua.

Sementara itu, mewakili Gubernur Papua, Hosea Murib mengemukakan, aspirasi yang disampaikan oleh keluarga almarhum Klemen Tinal sudah diterima serta akan diteruskan dan disampaikan kepada Gubernur Papua. (Aat)