Kaum Ibu Desa Telaga Murni Kabupaten Bekasi Mulai Sibuk Sambut Lebaran

0
536
Kaum Ibu Telaga Murni Kabupaten Bekasi

BERITA BEKASI – Walaupun ekonomi serba sulit, mengolah atau memasak tetap dilakukan kaum ibu di Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Dengan tungku batu bata disusun untuk memasak diatas tungku api dari bakaran kayu, kuali berukuran besar siap mengolah hidangan untuk menyambut lebaran.

“Kalau masak menggunakan kompor gas olok bang mending duitnya buat beli ayam, bandeng sama bumbu – bumbunya,” kata Eva warga Kampung Rawa Palangan, Sabtu (30/4/2022).

Dikatakan Eva, tungku api yang digunakannya masak olahan lebaran ini bukan hanya digunakanya sendiri tetapi tetangganya pun menggunakan tungku api tersebut.

“Dari pagi tungku api nggak ngaso- ngaso, abis saya selesai ngolah ada lagi tetangga bergantian, ya emang sih tungku api ini dibuat dadakan sama bapanya untuk ngolah – ngolah buat lebaran,” ungkap Eva.

Nanti, lanjut Eva, setelah sudah mateng olahanya dan siap semua, dimasukan kedalam rantang dan isinya bukan ikan aja, ada ikan bandeng, kue rengginang dan kue khas lebaran lainya.

“Diantar olahannya bukan hanya untuk orang tua saja, diantar ketetangga dan saudara yang lebih tua dari kita,” pungkasnya. (Usan)