Mudik Lebaran, Omset Penjualan Kembang Ziarah Makam Merosot  

0
514
Penjual Kembang Ziarah Makam

BERITA BEKASI – Imbas mudik lebaran, pedagang kembang di Pemakaman Hini Citra, Kampung Rawa Citra, Kelurahan Telaga Asih, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengeluhkan omset penjualanya berkurang di Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Hal tersebut, diakui, Mo’ol (58) pedagang kembang makam yang setiap tahun tidak pernah absen berjualan kembang di Hari Raya Idul Fitri, meskipun dua tahun kemarin dalam keadaan pandmi Covid-19.

“Ramaian tahun kemarin keadaan pandemi, saya jualan kembang habis 6 karung kalau sekarang baru habis 4 karung ini juga belum habis,” katanya saat ditemui Beritaekspres.com dilokasi di pemakaman, Selasa (3/5/2022) lalu.

Diungkap Mo’ol kembang yang dijual di pemakaman Huni Citra setiap tahunnya, seperti kembang makam ini belanja di Tanah Abang.

“Nih yang inj kembang yang warna merah belanja di Tanah Abang kalau danun pandan sama campuran lainnya masih bisa belanja di kampong,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, Hari Raya Idul Fitri tahun kemarin di massa pandemi pengunjung ziarah kubur di pemakaman Huni Citra, di hari ke dua ini dipadati dengan warga yang ber-ziarah kubur.

“Ya mungkin karena mudik lebaran kali ya, warga nggak ziarah kubur, tahun ini milih mudik dulu, soalnya pengunjung yang ziarah di hari pertama dan kedua lebaran sekarang ini terlihat berkurang,” pungkasnya. (Usan)