KPN Jakpus Diduga “Tak Peduli” Dengan Wibawa Pengadilan

0
396
Suasana Persidangan

BERITA JAKARTA – Ketidaktegasan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (KPN Jakpus), Lilik Prisbawono Adi, SH, MH terhadap pengunjung sidang yang menggunakan sandal jepit menunjukan rendahnya kewibawaan sebagai lembaga Peradilan.

Pantauan dilokasi, prilaku yang tidak menghargai kewibawaan Pengadilan ini sudah yang ketiga kalinya pengunjung bebas memakai sandal jepit dalam ruang persidangan pidana “jin buang anak” dengan Edy Mulyadi sebagai terdakwa.

Pertama, Selasa 24 Mei 2022 seorang pria terlihat menggunakan sandal jepit, Kedua Selasa 31 Mei 2022, diruang persidangan HM. Hatta Ali, pengunjung sidang lagi-lagi tampak santai menggunakan sandal jepit dan yang ketiga, Senin 6 Juni 2022, terlihat tiga pria sekaligus memakai sandal jepit didalam ruang persidangan.

Perlu diketahui, Mahkamah Agung (MA) RI telah menerbitkan mengenai peraturan Mahkamah Agung No. 5 Tahun 2020, tentang protokol persidangan dan keamanan dalam lingkungan Pengadilan, termasuk kesopanan untuk menjaga wibawa lembaga Peradilan.

Meski demikian, tak terlihat Petugas Keamanan Dalam (Pamdal) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang menegur pengunjung sidang yang dinilai kurang sopan dan kurang menghormati lembaga Pengadilan tersebut. (Sofyan)