Program Rutilahu 2022, Desa Sirna Jaya Serang Baru Dapatkan 15 Rumah

0
200
Desa Sirna Jaya Serang Baru Dapatkan 15 Rumah Program Rutilahu

BERITA BEKASI – Desa Sirnajaya Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi Tahun 2022 ini mendapatkan bantuan 15 unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), Kamis (14/7/2022).

Ke-15 unit Rutilahu tersebut dimonitoring tim dari Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi yang didampingi Konsultan Rutilahu, Pemdes, BPD, LPM, Babinsa TNI AD, Bhabinkamtibmas, RT, RW dan Kepala Dusun (Kadus).

Kepala Desa (Kades) Sirnajaya, H. Ayo Sunaryo mengatakan, Pemerintah seharusnya sadar akan kebutuhan masyarakatnya seperti bantuan terhadap masyarakat kurang mampu yang rumahnya tidak layak huni.

Tentunya, sambung H. Ayo Sunaryo, bantuan tersebut akan mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM), sehingga nantinya masyarakat yang mendapatkan bantuan Rutilahu menjadi meningkat kesehatan, perekonomian dan kesejahteraannya.

“Bagi Pemkab Bekasi bantuan program Rutilahu harus terus digulirkan, karena bagi masyarakat kurang mampu program Rutilahu sangat bermanfaat,” kata H. Ayo.

H. Ayo pun mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan kepada Desa Sirnajaya tahun 2022 ini yang berupa bantuan Rutilahu meskipun hanya sejumlah 15 unit rumah dari Pemkab bBekasi melalui Disperkimtan.

Padahal menurutnya, masih ada sekitar 260 rumah yang sampai 2022 ini tidak layak huni dan 50 persen kondisinya rusak parah.

“Saya tentu menginginkan usulan Rutilahu Desa Sirnajaya dari tahun ke tahun meningkat jumlahnya,” lanjutnya mengutarakan harapannya.

Sementara itu, Dinas Perkimtan Kabupaten Bekasi, Cecep menegaskan bahwa dengan adanya program Rutilahu ini, masyarakat akan semakin meningkat kesehatan dan kesejahteraannya.

Tentunya, lanjut Cecep, hal tersebut apabila bantuan tersebut tepat sasaran yaitu benar-benar rumah tidak layak huni.

“Masyarakat sudah lama mendambakan rumahnya menjadi layak dan sehat untuk ditempati. Apalagi bantuan stimulan rutilahu harus ada swadaya dari si penerima,” ucapnya.

Dirinya akan terus berkoordinasi dengan pihak Pemerintah terkait agar bantuan Rutilahu ini tepat sasaran kepada yang berhak.

“Saya terus melakukan kordinasi dengan pihak Pemerintah, Kecamatan dan Desa agar yang diberikan bantuan tepat sasaran, seperti yang saat ini dilakukan monitoring di Desa Sirnajaya, dan si penerima sangat senang, karena rumahnya menjadi layak untuk ditempati. Jangan lupa untuk dijaga dan dirawat,” pungkasnya (Ade)