Sertu Sugiyanto Terus Memotivasi Posyandu Desa Jatibarang Kidul Brebes

0
116
Kegiatan Posyandu balita dan ibu hamil di Desa Jatibarang Kidul

BERITA BREBES – Sertu Sugiyanto Babinsa Koramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes, melakukan pendampingan kegiatan Posyandu balita dan ibu hamil di Desa binaannya, Desa Jatibarang Kidul, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jateng, Selasa (6/9/2022).

Disampaikan Sertu Sugiyanto, kegiatan tersebut dilangsungkan di Rumah Desa Sehat yang terletak di RT03/RW10, Jatibarang Kidul.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah pemberian vitamin A, penyuntikan imunisasi, pengecekan pertumbuhan bayi (pengukuran badan, pengukuran lingkar kepala dan pengukuran lengan) serta penimbangan berat badan.

“Bersama Bhabinkamtibmas, kita dorong agar para kader Posyandu, kader PKK dan warga Desa Jatibarang Kidul yang hamil atau punya balita,” ujarnya.

Menurut Sugiyanto, kegiatan Posyandu merupakan bentuk pelayanan kesehatan jemput bola bagi ibu hamil dan balita yang dilakukan bidan Desa setempat dalam mengatasi persoalan kesehatan sampai ke lapisan paling bawah.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pemeliharaan kesehatan masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di pelosok Desa,” sambungnya.

Jika keterlibatan bumil dan balita dapat dimaksimalkan maka diharapkan mereka tidak perlu susah untuk menjangkau pelayanan kesehatan di Kota.

Masih kata Sugiyanto, balita harus sehat dan kuat karena mereka adalah cikal bakal pemimpin untuk menggantikan generasi tua.

Oleh karena itu, jangan sampai ada kasus balita menderita stunting sedangkan pemerintah sedang gencar-gencarnya memerangi stunting.

Dia sendiri menilai, respon dari warga dan peserta sangat membanggakan. Warga mulai sadar untuk mengikuti Posyandu demi mengetahui perkembangan kesehatan kehamilan maupun balita.

Bidan Desa setempat, Nunggal Str. Keb menyampaikan, adapun tujuan rutinitas kegiatan itu sendiri antara lain untuk   menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (AKI).

Selain itu, membantu memperlancar proses melahirkan dan nifas, serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan di bidang kesehatan.

Nunggal menilai bahwa motivasi dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas sangat membantu pihaknya dalam pengerahan warga yang mempunyai balita untuk menimbang bayinya, sehingga perkembangan kesehatan bayi bisa dipantau setiap bulannya.

Menurutnya, dengan adanya TNI dan Polri mampu memotivasi para balita dan anak untuk melihat dari dekat contoh sosok dari profesi tersebut. (Aan)