Erica: Keterpurukan Para Seniman Panggung di Massa Pandemi Covid-19

0
162
Erica Damayanti

BERITA BEKASI –  Erica Damayanti seniman tarik suara bermultitalenta baik Pop, Dangdut, Campursari, terutama keroncong yang merupakan gendre dasar keahliannya turun sebagai penyanyi panggung yang selalu diundang hingga ke pelosok daerah untuk mengisi panggung berbagai acara.

Kepada Beritaekspres.com, Erica Damayanti mengatakan, selama dihamtam pandemi Corona atau Covid-19 sudah cukup memporak porandakan baik secara segi ekonomi maupun silahturahmi antara para seniman ataupun antar kelompok komunitas para seniman khususnya di Bekasi.

“Hampir dua tahun para seniman panggung tidak bisa tampil menghibur, karena semua yang bersifat kerumunan dilarang tegas bahkan kena sanksi bagi yang nekat menggelar acara,” kata Bunda Erica biasa disapa saat berbincang ringan, Senin (11/10/2021).

Salah satu Dewan Pembina Yayasan Jiwa Seni Indonesia (YJSI) ini melanjutkan, bahwa keadaan para seniman panggung juga harus dipikirkan, karena pekerjaan panggung hiburan sudah menjadi sebuah mata pencarian untuk mendopang hidup mereka khususnya para seniman panggung.

“Ya, memang dampak ini bukan hanya bagi para seniman panggung, tapi dampaknya juga kepada yang lainnya juga sama. Boleh dibilang hampir kesemua aspek memang terkena imbasnya,” ujar Bunda Erica.

Meski begitu, sambung Bunda Erica, dia bersyukur bahwa selama Pemerintah Pusat, mengencarkan program vaksinasi diberbagai daerah di Indonesia serangan wabah Covid-19, tampak sudah mulai meredah karena herd immunity atau kekebalan tubuh mulai terbentuk.

“Ya, semoga massa sulit ini mulai segera berlalu. Sebab, kasian banyak para seniman panggung mendadak sementara berdagang meski tidak punya pengalaman demi untuk bertahan hidup selama kebijakan pandemi ini,” ungkapnya.

Saya sendiri, lanjut Bunda Erica, sekarang sampai mencoba berjualan di tempat kuliner kelolaan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) bersama Radio Suara Pekerja (SP) yang berlokasi di Jalan Underpass Bekasi Timur, Kota Bekasi.

“Ya, selama massa sulit pandemi ini tinggal bisa – bisa kita untuk bertahan. Alhamdulillah setelah Covid-19 mulai mereda dengan Prokes yang sudah diatur panggilan panggung satu dua undangan mulai ada. Ini, saya baru pulang manggung di Yogya dan Kebumen,” tuturnya.

Bunda Erica menambahkan dan berharap kepada Pemerintah Pusat agar, terus mulai memberikan pelonggaran terhadap para seniman panggung, karena para seniman sudah terbiasa berkreasi dan mengantungkan hidupnya dipanggung.

“Saya yakin diawal tahun ini, semua kita kembali kepada kehidupan normal setelah semuanya kita lalui dengan segala kesulitan. Makanya, hayoo kita sukseskan vaksinasi agar semua bisa kita lalui bersama,” pungkasnya. (Indra)