Bulan Layanan Dukcapil Digelar Sepanjang Desember 2019

0
76
Dhany Sukma

BERITA JAKARTA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta mendukung peningkatan administrasi terhadap kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil warga Jakarta.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma mengatakan, salah satu upaya peningkatan layanan Dukcapil dilakukan di Bulan Layanan Dukcapil yang berlangsung sepanjang bulan Desember 2019.

Selama bulan layanan itu pihaknya akan mengadakan paket layanan pembuatan akta kelahiran baru sambil mendapatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), dokumen Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Sepanjang persyaratannya lengkap, paket layanan akta kelahiran, NIK, KK dan KIA akan dibuat dalam waktu kurang dari satu jam,” katanya, Rabu (11/12/2019).

Dijelaskan Dhany, Bulan Layanan Dukcapil tersebut akan digelar sepanjang bulan 2019. Hasil, dari tanggal 2-7 Desember 2019 pihaknya telah menuntaskan 7,705 permintaan akta kelahiran dalam satu jam atau 96 persen dari 7,936 permohonan. 

Sementara 207 permohonan selesai dalam satu hari atau 2,6 persen, selanjutnya 24 permohonan akta kelahiran selesai lebih dari satu hari (0,4 persen).

“Jika lebih dari satu hari kerja dokumen tidak jadi, akan ada petugas yang mengantar dokumen langsung ke rumah pemohon,” jelasnya.

Tidak hanya itu, petugas juga akan menyelenggarakan layanan antar bola untuk penduduk yang tidak dapat datang ke tempat pelayanan, selanjutnya menyediakan layanan di lingkungan masyarakat atau di sekolah.

Selain itu, pihaknya juga melakukan layanan langsung di mal atau pusat pengeluaran karena atensi masyarakat membuat dokumen kependudukan di pusat pengeluaran cukup tinggi.

Warga Jakarta juga dapat mengunduh aplikasi Alpukat Betawi di Play Store untuk mendaftar secara online atau melakukan pemutakhiran biodata penduduk.

Dengan demikian warga tidak perlu lagi antre terlalu lama untuk mengurus dokumen kependudukan. “Peningkatan pelayanan ini kami lakukan untuk mewujudkan Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya, dan administrasi tertib kependudukannya,” tandasnya. (BJ/Aldi Geri)