Festival Pencak Silat Keris Indonesia Pelestarian Warisan Budaya Tak Benda

0
255
Festival Pencak Silat Keris Indonesia

BERITA JAKARTA – Pelaksanaan Festival Pencak Silat Keris Indonesia adalah bentuk tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama antara pihak Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) dengan pihak Senapati Nusantara dimana kedua organisasi tersebut sama-sama bergerak dalam upaya pelestarian keris di Indonesia.

Pembukaan acara Festival tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diikuti sekitar 37 peserta dari berbagai perguruan pencak silat yang berasal dari berbagai daerah baik JABODETABEK ataupun di luar JABODETABEK. Pelaksanaan kegiatan yang diselnggarakan FPPSKI dan Senapati Nusantara tersebut adalah sebagai salah satu bentuk upaya untuk mendorong pelestarian keris melalui bidang seni pencak silat.

Selain itu, salah satu pihak koordinator acara dari FPPSKI menyampaikan, pelaksanaan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk kembali membangkitkan semangat para pelestari pencak silat keris setelah beberapa tahun ini, mereka tidak dapat menjalankan aktifitas kegiatan yang berkaitan dengan upaya pelestarian budaya secara langsung dikarenakan adanya Covid-19 yang mengakibatkan adanya peraturan pembatasan kegiatan yang diterapkan Pemerintah.

Suparyo selaku Ketua Harian FPPSKI menyampaikan, bahwa tidak dapat dirinya pungkiri bahwa selama masa Pandemi banyak aktifitas dan kegiatan pelestarian budaya yang terhenti dan tidak dapat dijalankan.

“Kita tidak dapat memungkiri bahwa selama masa pandemi sangat banyak kegiatan-kegiatan pelestarian budaya yang gagal diselenggarakan. Kalaupun diselenggarakan, ya paling diselenggarakan secara virtual, seperti yang pihak FPPSKI jalankan selama masa 2020 – 2021, hampir 80 persen kegiatan kami selenggarakan secara virtual,” terangnya, Minggu (28/11/2021).

Kami bersyukur, sambung Suparyo, pandemi Covid-19 di Indonesia sudah mulai mereda, sehingga di bulan November ini kami dapat menjalankan kegiatan pelestarian budaya secara langsung teteapi pada saat pelaksanaan kegiatan kami tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan penularan Covid-19 dengan ketat.

Lebih lanjut, Suparyo menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan FPPSKI dan Senapati Nusantara berkaitan dengan pelaksanaan festival kompetisi pencak silat keris seperti yang dilaksanakan pada tahun ini.

“Kedepan dapat terus dijalankan secara konsisten sehingga mampu menghadirkan dampak yang lebih baik bagi upaya pelestarian salah satu Warisan Budaya Tak Benda Bangsa Indoensaia yakni, Keris dan Pencak Silat,” ungkapnya.

Disisi lain, Narwan Riyadi atau yang akrab disapa Riyandi selaku Sekretaris Jenderal FPPSKI menyampaikan, rasa syukur karena dalam periode tahun 2020 – 2021 pihaknya bersama pihak Senapati Nusantara dapat secara konsisten menyelenggarakan kegiatan yang bersifat untuk kembali mendorong upaya pelestarian keris melalui bidang seni pencak silat.

“Saya dan rekan-rekan FPPSKI bersyukur bahwa ditahun 2020 dan 2021 pihak kami bersama pihak Senapati Nusantara telah dapat menunjukan komitmen yang baik atas kerja sama jangka panjang dalam upaya medorong pelestarian keris melalui bidang seni pencak silat,” katanya.

Ditahun 2020 lalu, lanjut Narwan, tepatnya di bulan November FPPSKI dan Senapati Nusantara telah menyelenggarakan kegiatan Flash Mob pencak silat keris di Kawasan Wisata Tugu Api Pancasila Taman Mini yang diikuti sekitar 171 peserta sebagai bentuk dukungan atas pengusulan yang diajukan pihak DKN Senapati Nusantara kepada Pemerintah Pusat agar tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Keris Nasional.

“Alhamdulilah ditahun ini FPPSKI bersama Senapati Nusantara kembali menyelenggarakan kegiatan ya tentu dengan tujuan untuk memperingati Hari Keris Nasional, ya walau beda kegiatan yang 2020 Flash Mob dan yang 2021 adalah Festival Pencak Silat Keris tetapi pada dasarnya penelenggaraan kegiatan tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendorong pelestarian keris dan pencak silat,” jelasnya.

Ditambahkan Narwan, atas terselnggaranya kedua kegiatan tersebut dirinya mewakili pihak pengurus dan anggota FPPSKI mengucapkan terimakasih kepada pihak Pengurus Senapati Nusantara terutama kepada, Ir. Hasto Kristianto, MM selaku Sekretaris Jenderal Senapati Nusantara dan Nurjianto selaku Wakil Sekretaris Jenderal Senapati Nusantara yang telah memberikan dukungan kepada kami sehinga acara dapat terselenggara dengan baik.

“Saya berharap agar kedepan semakin banyak perguruan pencak silat yang merasa tertarik dan terpanggil untuk melibatkan perguruannya didalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan pihak FPPSKI dalam mengangkat pelestarian pencak silat keris agar pencak silat keris di Indonesia kembali berjaya dan dikenal berbagai kalangan baik Nasional maupun Internasional,” pungkasnya. (Agus)